Cara Membuat Efek Link Scrollover

Sebetulnya ada beberapa macam dekorasi link ini dan pasti sudah banyak yang tahu, diantaranya ada efek blink, rainbow atau berganti-ganti warna, berubah warna apabila di sorot kursor mouse, berubah huruf dan lain-lain. Perbedaan dari scrollover ini yaitu sebuah link akan bergulung dari atas kebawah sekaligus berganti warna. Untuk warna anda dapat menyesuaikan sendiri sesuai dengan keinginan anda.
Lalu bagaimana triknya? Silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

Login ke dashboard blogger anda, lanjutkan dengan klik Layout – Edit HTML. Jangan lupa untuk membackup template anda sebelum melakukan perubahan pada kode HTMLnya.
Cari kode <head> pertama pada template dan tambahkan kode berikut dibawahnya:



Setelah itu cari kode ]]></b:skin> dan tambahkan kode berikut diatasnya:

<style>
a.scrollover {
/* Warna pertama */
color: #557AFF;
}
a.scrollover em:first-line {
/* Warna kedua */
color: #FF5B3C;
}
</style>

Sesuaikan warna dengan selera anda. Untuk kode-kode warna dapat dilihat disini. Setelah anda menambahkan kode-kode diatas pada template anda, sekarang anda sudah dapat menggunakan efek scrollover tersebut. Jika anda membuat link biasa baik dalam posting atau membuat daftar link di sidebar dengan menggunakan HTML/Java script maka kodenya akan seperti ini:



Dan jika anda ingin menggunakan efek scrollover maka kodenya seperti ini:



Sebetulnya efeknya masih bisa diatur misalkan anda ingin mengatur kecepatan scroll ataupun arah scrollnya, tapi mungkin akan sedikit rumit karena anda harus mendownload scriptnya lalu mengedit dan mengupload kembali ke hosting anda sendiri. Untuk itu saya tidak akan menjelaskannya. Jika anda tidak berhasil atau ada masalah silahkan kontak saya baik melalui komentar ataupun shoutbox, selamat mencoba..

Share Artikel ini ke teman-temanmu

Lihat Artikel Lainnya disini