Kerry King Dari Slayer Menyesal Tidak Sepanggung Dengan The Big 4

Kita pasti tahu bahwa “The Big 4 of Thrash Metal”—Metallica, Megadeth, Slayer dan Anthrax—telah tampil satu panggung memainkan nomor klasik “Am I Evil?” milik Diamond Head secara berbarengan saat tampil di Sofia, Bulgaria, 22 Juni 2010 lalu. Untuk pertama kalinya dalam kurun waktu 25 tahun ke empat band metal besar dunia melakukan hal tersebut.
Dan para pecinta musik thrash metal pun paham bahwa penampilan bersejarah itu dipastikan tidak akan disensor dalam proses penyuntingan DVD The Big Four: Live From Sofia. Sehingga sejak 1 November lalu, para penggemar di beberapa belahan dunia dunia sudah bisa menyaksikan Dave Mustaine tampil reuni sepanggung dengan James Hetfield dan Lars Ulrich untuk pertama kalinya sejak ia ditendang dari Metallica pada 9 April 1983, hanya beberapa minggu sebelum rekaman Kill ‘Em All.

Tapi barangkali banyak juga yang tidak menyadari—atau kurang peduli—kalau dari kubu Slayer hanya pemain drum Dave Lombardo saja yang berpartisipasi dalam jam session super line-up itu. Kemana pemain gitar Kerry King, vokalis/pemain bas Tom Araya dan pemain gitar Jeff Hanneman?

"There's a damn good reason," kata Kerry King kepada majalah Revolver dalam salah satu wawancaranya. “Penjelasannya tidak terlalu panjang. Dave Mustaine dan James Hetfield mendatangi saya pada hari itu dan berkata, ‘Hey, sepertinya akan keren kalau kamu ikut main.’ Saya tahu Jeff dan Araya pasti tidak akan mau melakukannya. Kalau kami ikut main, tidak akan ada satu pun dari kami yang menyunting video untuk tayangan di bioskop beberapa jam kemudian. Jadi saya bilang ke James dan Mustaine, ‘Saya harus menyunting video kami dulu sebelum saya main bersama kalian.’ Jadi keseluruhan susunan acara berubah antara Slayer dan Metallica. Saya menyunting video (saat Metallica tampil). Saya lari ke ruang nonton setelah selesai memilih lagu (yang akan masuk ke DVD), dan (melihat) mereka sudah ada di atas panggung.”

Penampilan bersejarah itu disiarkan di sekitar 550 teater layar lebar di Eropa, Kanada, Amerika Latin, Australia, Afrika Selatan dan Selandia Baru. Dalam tayangan tersebut, pemain drum Lars Ulrich mengumumkan bahwa konser hari itu akan diproduksi juga DVD-nya.

Selain untuk merayakan 30 tahun kontribusi “The Big 4 of Thrash Metal” di kancah musik dunia, penampilan berbagi-panggung itu juga untuk mengenang Ronnie James Dio (vokalis Black Sabbath, Dio, Rainbow dan Heaven and Hell) yang telah meninggal beberapa bulan sebelumnya. Bahkan Anthrax pun sempat membawakan lagu “Heaven and Hell” milik Black Sabbath era Dio.

 “Sebenarnya saya ingin sekali untuk ikutan, tapi itu tak bisa terjadi lagi,” sesal King.

The Big Four: Live From Sofia adalah DVD tur festival Sonisphere dari “The Big 4 of Thrash Metal” yang berdurasi sekitar lima jam. DVD dua keping itu berisi pertunjukan penuh masing-masing band saat tampil di Sofia, Bulgaria pada 22 Juni 2010 lalu, rekaman-rekaman di balik layar, dan juga footage wawancara. DVD tersebut sudah dirilis melalui label Universal Music/Vertigo 1 November silam ke seluruh dunia.(Rolling Stones Indonesia)

Share Artikel ini ke teman-temanmu

Lihat Artikel Lainnya disini