Operasi Prostat Pertama Menggunakan Robot

Pasien penderita prostat telah menjalani operasi pertama kali di dunia yang sepenuhnya dikerjakan oleh robot. Seorang pria Kanada yang mengalami prostatnya diangkat tidak punya alasan lagi untuk merasa gugup karena ia baru saja menjalani operasi yang dilakukan sepenuhnya oleh robot. Dalam dunia medis pertama di Montreal General Hospital digunakan robot anestesi, dijuluki McSleepy, untuk menempatkan pasien di bawah pengaruh anestesi.

Operating room of the future: Doctors performed a prostatectomy using only robots.

Mereka kemudian dipekerjakan DaVinci robot bedah yang dikontrol dari jarak jauh untuk melakukan operasi rumit. Spesialis di McGill University Health Centre di rumah sakit mengatakan operasi yang dikerjakan semua oleh robot bisa memberikan perawatan pasien yang paling modern dan akurat. Dr Sebuah Aprikian dari MUHC, berkata: "DaVinci memungkinkan kita untuk bekerja dari workstation operasi instrumen bedah dengan gerakan halus jari-jari kita dengan presisi yang tidak dapat diberikan oleh manusia saja."

Dia dan timnya ahli bedah mengoperasikan lengan robot yang bisa berputar 360 derajat dari workstation khusus melalui kontrol video dengan 3D kualitas gambar definisi tinggi. Mereka menyingkirkan bagian kelenjar prostat pasien, yang duduk di leher uretra dan menghasilkan bagian cairan dari air mani. Rumah sakit telah menggunakan McSleepy sejak tahun 2008, dan ini yang pertama di dunia untuk melakukan operasi menggunakan sistem sepenuhnya otomatis untuk melumpuhkan pasien.

Ini adalah sistem perangkat lunak yang mengarahkan pompa infus di pembuluh darah pasien untuk melepaskan khusus berjangka waktu dan terukur dosis obat yang menyebabkan kantuk, sakit DNS dan mengendurkan otot selama operasi. Sistem komputerisasi juga memberikan umpan balik terus menerus tentang bagaimana pasien merespon obat sebagai operasi berlangsung, dari pola gelombang otak dan otot kontraksi untuk menilai jantung dan pembacaan tekanan darah.


Dr Aprikian conducts tricky surgery remotely using da Vinci. It allows surgeons to perform with far greater precision. Operasi Kelenjar Prostat Pertama di Dunia yang Sepenuhnya Dikerjakan oleh ROBOT [FOTO]

DaVinci adalah tambahan jauh lebih baru dan hanya disuruh bekerja musim panas ini, tetapi ini adalah pertama kalinya dua digabungkan. Dr Aprikian berkata McSleepy membantu menciptakan kondisi yang sempurna yang diperlukan untuk operasi robot. Dia berkata: "Otomatis anestesi pengiriman melalui McSleepy menjamin kualitas tinggi waktu yang sama setiap perawatan itu digunakan, independen dari tingkat subjektif keahlian."

Rekannya Dr Thomas Hemmerling mengatakan mereka masih meningkatkan pendekatan robot. Hanya bulan lalu, peneliti Linda van den Bedem dari Technische Universiteit Eindhoven meluncurkan sebuah robot yang digunakan 'umpan balik kekuatan' untuk memungkinkan ahli bedah untuk merasakan apa yang ia lakukan. Namun Dr Hemmerling berkata: "Robot dalam kedokteran dapat memberikan layanan kesehatan keselamatan yang lebih tinggi dan presisi, sehingga akhirnya meningkatkan hasil."

Namun Dr Hemmerling dengan cepat menolak gagasan bahwa mesin akan memerintah suatu hari di rumah sakit. 'Robot tidak akan menggantikan dokter tetapi membantu mereka untuk melakukan dengan standar tertinggi, "katanya.

Share Artikel ini ke teman-temanmu

Lihat Artikel Lainnya disini