Bencana Pada Tanggal 26



Quantcast
Dalam beberapa hari ini banyak email, sms, serta message dan tulisan tentang hubungan antara tanggal dengan bencana.
Apakah bener bencana telah banyak terjadi pada tanggal 26 ?
:( “Lah hiya bener je Pakde. Aku lihat daftarnya Banyak bencana yang terjadi pada tanggal 26 tuh !”
:D “Boleh saja banyak bencana pada tanggal 26, tetapi harus diingat, berapa jumlah bencana yang terjadi dalam satu tahun !”

Spurious statistics

Dalam ilmu statistik akan ada hubungan kejadian satu dengan yang lain dimana hubungan ini berupa hubungan semu. Salah satu sebagai contoh adalah :
  • Kebanyakan maling di Indonesia dilahirkan di Jawa“.
    Ya tentusaja !
    Wong di Indonesia itu penduduknya kebanyakan lahir di Jawa memang secara statistik paling banyak. Kalau diambil secara random saja maka dari 5 orang dijalan raya kalau anda tanya paling tidak ada 3 orang yang dilahirkan di Jawa. Karena hampir 60% orang di Indonesia memang berada di Jawa.
  • Kecelakaan dirumah paling banyak dilakukan oleh wanita, sehingga wanita lebih membahayakan kalau tinggal dirumah“.
    Weits ! Memang di Indonesia wanita lebih banyak tinggal dirumah. Walaupun memang benar kecelakaan itu terbanyak terjadi dirumah, namun bukan berarti wanita itu membahayakan kalau tinggal dirumah.

Statistik sebagai sebuah fakta.

Demikian juga dengan kejadian bencana dan tanggal. Bencana di dunia ini pasti terjadi setiap hari. Menurut catatan BNPB, selama kurun waktu 5 tahun saja yaitu dari tahun 2004-2009, Indonesia telah dilanda bencana alam sebanyak 4.408 kali. Kalau kita sebarkan dalam distribusi merata maka dalam satu hari ada 2-3 bencana yang tercatat. Dengan asumsi kita akan mendapatkan list atau daftar bencana yang terjadi pada tanggal 26 sebanyak 35 !
Nah kalau pingin bikin pernyataan yang secara statistik benar yaa tentu saja bisa “Bencana yang terjadi pada tanggal 26 sebanyak 35 kali !! Jadi hati-hatilah setiap tanggal 26. Ya memang kita harus hati-hati dan waspada setiap saat kan ?
Dengan demikian kalau ada yang mengatakan banyak bencana terjadi pada tanggal 26 kan bisa saja … dan kalau ada yang mengatakan gempa banyak terjadi pada tanggal 5 pun juga ngga akan pernah salah kan ?
:( “Looh Pakdhe, katanya angka 26 itu sesuai dengan surat dalam kitab suci, kan ?
:D “Thole kitab suci itu menggunakan penanggalan bulan, bukan penanggalan matahari. Pasti itu  cuman gothak-gathuk ora mathuk (menghubungkan sesuatu yang tidak berhubungan) !”

Jangan tunggu ramalan apalagi klenik , WASPADA is your early warning system !

Share Artikel ini ke teman-temanmu

Lihat Artikel Lainnya disini