Memasang Google Search Sendiri

Lama tidak menyapa pengunjung dengan suguhan tips tricks blog seputar modifikasi, kini saya akan mencoba untuk memberikan sesuatu yang akan membuat blog anda terlihat sangat profesional. tips tricks yang satu ini akan membuat blog anda semakin di kagumi pengunjung. bagaimana tidak, anda akan memiliki mesin pencari blog layaknya google (karena tools ini juga milik google).

Untuk demonya anda dapat mencoba memasukkan sebuah keyword pada mesin pencari artikel ini pada sidebar kemudian tekan enter. maka anda akan lihat bedanya. jika anda tertarik, mari kita langsung saja melakukan tutorial ini.

  1. Pertama kunjungi situs http://www.google.com/cse/
  2. Kemudian klik tombol Create Custom Search Engine.

3. Kemudian isi form yang di sediakan seperti di bawah ini.
  • Name = isi dengan nama mesin pencari anda. disini saya misalkan phonecompi shearch .
  • Description = Isi dengan deskripsi mesin pencari anda.
  • Language = pilih bahasa mesin pencari anda.
  • Sites to search = masukkan alamat blog anda.










  • = pilih standart edition untuk yang gratis namun akan di pasangi iklan oleh google, namun anda dapat memilih versi Site Search jika anda tidak ingin menampilkan iklan google namun berbayar. klik Next. jangan lupa centang  Terms of Service.
4. Pilih tema atau tampilan mesin pencari anda. ada 6 pilihan, yaitu: ,,dan minimalist
5. untuk memilih klik customize. maka akan tampil pengaturan warna, font, dan lain sebagainya. atur sesuai selera. jika sudah, klik next.
 6. Maka anda akan di berikan kode untuk dipasang pada blog anda. jangan ambil kode itu, tapi lanjutkan step yang saya berikan. klik saja Change the look and feel. 
7. Pada Choose a hosting option, pilih Iframe. 
8. Klik save, kemudian klik lagi get code.

9. jangan langsung ambil kode tersebut, tapi buka dulu tab baru pada browser anda, dan masuk ke akun blogger anda.
10. Buat postingan atau entri baru dengan judul sesuai judul search engine yang anda pilih tadi. biarkan postingan tersebut kosong, dan terbitkan entri tersebut.
11. Klik Lihat entri. copy url atau alamat postingan.

12. Buka kembali tab browser dari google custom search engine tadi.
13. Kemudian pastekan url yang anda copy tadi ke dalam form Specify search results details. pilih juga di mana anda ingin meletakkan iklan dari google. apakah di right, top and right, atau di top and bottom.

14. maka anda akan di berikan dua buah kode yang harus anda pasang pada blog anda. kode pada kolom Search box code anda pasang sebagai widget. dan kode yang kedua (kolom Search results code)
anda pastekan pada postingan yang kosong tadi (step 10). kemudian terbitkan kembali. nah sekarang anda dapat mencobanya. lihat blog anda dan masukkan keyword pada search engine yang anda pasang. maka tampilannya akan muncul di halaman posting anda.

Semoga blog anda akan lebih terlihat profesional dengan adanya tips tricks blog ini.

Share Artikel ini ke teman-temanmu

Lihat Artikel Lainnya disini